Tutorial dan Informasi Seputar Teknologi dan Blogger

Saturday, October 15, 2016

Contoh Surat Lamaran kerja yang Baik dan Benar agar Kamu Diterima Kerja

Penyusunan kalimat surat lamaran harus di buat sebaik mungkin, sebab banyak pimpinn perusahaan yang tidak mau membaca surat lamaran karena tulisan yang kita buat kurang jelas dan terlalu panjang. Karena kesan pertama yang di lihat oleh seorang atasan adalah surat lamaran.



Surat lamaran kerja tidak hanya sekedar ditulis asal-asalan tanpa mengetahui format yang benar. Bukan hanya surat lamaran saja yang perlu disiapkan untuk melamar kerja, tetapi surat pendukung lain yang bisa membantu kamu agar bisa di proses ke tahap selanjutnya. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja :
a. Menggunakan bahasa yang baik dan benar, atau sesuai dengan EYD. Kalimat yang baku sangat disukai oleh para atasan atau HRD, jadi kuasai beberapa kalimat baku yang baik agar tulisan enak di baca.
b. Jangan tulis yang bertele-teke, misalnya menyombongkan diri atau membanggakan diri. Contohnya, menyebut bahwa kamu adalah seorang yang paling ahli dalam suatu bidang. Selalu menggunakan kalimat yang sopan untuk menghargai HRD/pemimpin perusahaan yang membaca surat lamaran kita.
c. Tulisan tangan lebih diterima oleh atasan. Meskipun saat ini banyak yang mengetik surat lamaran di laptop atau komputer, namun kebanyakan perusahaan lebih menerima pelamar yang menulis manual surat lamaran menggunakan ballpoint. Hal ini menunjukkan pelamar tersebut memiliki pribadi yang rapi dan niat dalam mencari kerja.
d. Perbanyak pendukung surat lamaran seperti fotocopy keahlian dan beberapa sertifikat atau piagam lain yang kita miliki. Calon pelamar yang memiliki banyak kemampuan di beberapa bidang, mendapatkan nilai lebih di mata atasan.

Bagian Surat Lamaran
1. Bagian pembuka
2. Bagian isi / uraian 
3. Bagian penutup
Ada tiga bagian dalam surat lamaran, yaitu:
Terdiri atas sumber informasi lowongan kerja yang di dapatkan oleh pelamar, bagian yang diinginkan dan identitas pelamar.
Terdiri dari alasan kita melamar kerja, dan tujuan melamar kerja di perusahaan tersebut.
Terdiri atas harapan pelamar untuk mendapatkan proses selanjutnya.
Tidak perlu waktu lama untuk membuat surat lamaran kerja, namun hanya butuh ketelitian dan tulisan yang tepat agar surat lamaran bisa diterima. Inilah contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan referensi, agar mudah diterima oleh perusahaan.
Jakarta, 18 September 2016
Kepada Yth,
PT.Bank XXX,Tbk 
Di Tempat,
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, Saya :
Nama       : Yulia Laila
Tempat, tanggal lahir : Depok, 21 Juli 1991
Alamat     : Jln. Raya Jakarta-Bogor KM.37, Sidomukti RT03/03 No. 21B, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok 
No. Telp / HP         : 081234567890
Email     : yulialaila@yahoo.com
Dengan ini saya mengajukan permohonan pekerjaan di perusahaan yang telah Bapak/Ibu pimpin. Maka saya berharap Bapak/Ibu sudi menerima lamaran pekerjaan saya untuk diterima bekerja .
Demikian surat permohonan kerja saya. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat-surat yang lain dan daftar riwayat hidup saya.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
(Yulia Laila)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Notes :
- Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan judul bacaan
- Tidak diperbolehkan untuk memperomosikan barang dan jasa
- Bagi Komentar yang menambahkan link aktif atau malware akan dianggap SPAM. Terimakasih Atas Komentar Anda :), Nice Day

Terima Kasih Sudah Mampir Di Kondang-Cyber. Powered by Blogger.

Blog Archive

Blog Archive

Hai, I'm Asep Saepul Pahmit...






The luckiest man who love to share good things she has learned/encountered.






contact me:
asep.saepul205@gmail.com